Senin, 22 Oktober 2012

Lembar Kerja Pada Microsoft Word 2007


Lembar Kerja Pada Microsoft Word 2007
Keberadaan berbagai menu dalam tampilan Microsoft Word 2007 merupakan bagian yang sangat penting untuk memahami penggunaan Microsoft Word 2007 secara benar. Untuk lebih memudahkan memahami penggunaan perintah-perintah menu dan teknik pengoperasian Microsoft Word 2007, seorang pemulasangat perlu mengenal bagian-bagian dari elemen layar Microsoft Word.
Ketika kita membuka Microsoft Word 2007 pertama kalinya, maka layar monitor akan muncul dokument kosong yang siap
digunakan untuk ukuran kertas yang standar (default). Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan bagian-bagian dari Microsoft Word 2007 di bawah ini.

1.   Microsoft Office Button
Microsoft Office Button adalah pengganti menu file pada Microsoft word versi sebelumnya. Tombol ini berisi menu New, Open, Save, Save as, Print, Close dan sebagainya.
2.   Quik Acces Toolbar
Toolbar ini keistimewaaa khusus yang terletak di bagian sudut kiri atas. Tombol-tombol perintah pada toolbar ini dapat kita tambahkan dengan tombol-tombol lain sesuai dengan kebutuhan.
3.   Tittle Bar Baris Judul
Tittle bar merupakan bar yang menampilkan nama dokument yang aktif atau yang sedang dikerjakan.
4.   Ribbon
Ribbon adalah deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok tersebut dikelompokkan sesuai fungsinya masing-masing.
5.   Tab
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian kelompok yang memuat beberapa tombol.
6.   Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi dikumpulkan disini. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan tombol.
7.   Cursor
Cursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti petunjuk.
8.    Status Bar
Menampilkan informasi dan pesan-pesan yang terletak pada bagian bawah jendela Microsoft Word seperti posisi keaktifan insertion point (posisi editing naskah), keaktifan beberapa tombol kkeyboard, language (ejaan bahasa) yang digunakan dan lain-lain.
9.    Ruler
Bagian dari tampilan layar Microsoft Word yang digunakan untuk menunjuk pada ukuran.
10. View Mode
View mode digunakan untuk mengatur tampilan yang terdiri dari printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.
11. Zoom Slider
Tombol ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil lembar kerja.
12. Scroll Bar
Berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah (Scroll Bar vertikal) dan kek iri atau ke kanan (Scroll Bar Horizontal)
13. Text Area
Text Area adalah media ketik yang sudah dibatasi oleh batas atas, batas bawah, batas kiri dan batas kanan. Tidak seperti halnya pengetikan manual, kita tidak perlu khawatir pengetikan akan keluar dari batas margin, semua sudah diatur sedemikian rupa sehingga ketikan akan diatur otomatis dan tetap dalam lingkup halaman tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar