This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 28 Oktober 2012

Sistem Operasi Komputer


Sistem Operasi Komputer

SO (Sistem Operasi)
Sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna
Jenis-Jenis SO
1.DOS
2.Unix
3.Windows : 3.0, 95, 98, 2000 Server, me (milenium Edition) ,XP, dll
4.Linux: Fedora, Redhat, Suse, Ubuntu, dll
Dalam satu komputer bisa menggunakan satu atau lebih sistem operasi.
Bios dengan SO
-Persamaan: sama-sama mengatur dan mengendalikan perangkat keras.
-Perbedaannya:
•Bios, bekerja pada saat booting
•SO, bekerja setelah proses booting
Bios
• BIOS --> Basic Input Output System
• System BIOS dimiliki oleh motherboard modern
• Software kecil yang diisikan pada sebuah chip untuk mengatur dan mengkonfigurasikan sistem.
Tugas BIOS pada Motherboard
1. Deteksi & konfigurasi media penyimpanan standar (hardisk dll)
2. Melakukan Power On Self Test (POST) è deteksi perangkat vital sudah terpasang dengan benar
3. Mendeteksi dan menentukan letak sistem operasi (SO).
4. Mengatur Waktu
5. Mendekteksi dan mengatur port yang terpasang pada motherboard
6. Mendeteksi dan melakukan pengaturan frekuensi kerja pada prosesor
7. Proteksi untuk keamanan PC
Chip CMOS
• BIOS dibantu oleh baterai CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) dan memori CMOS
• Chip CMOS bertugas menyimpan semua pengaturan yang dilakukan oleh pengguna
Baterai CMOS
• Baterai CMOS berfungsi untuk memberikan suplay listrik pada chip CMOS secara terus menerus
• Jika baterai CMOS mati maka konfigurasi BIOS kembali ke seting semula
Pesan Kesalahan
• Menampilkan beep code (suara)
• Menampilkan kesalahan post ke layar monitor
• Menampilkan simbul bilangan heksadesimal ke layar monitor
Perusahan BIOS Terkenal
• AMI (American Megatrend Inc)
• Phoinix-Award
• ASUS
• Albatron, dll

Senin, 22 Oktober 2012

Lembar Kerja Pada Microsoft Word 2007


Lembar Kerja Pada Microsoft Word 2007
Keberadaan berbagai menu dalam tampilan Microsoft Word 2007 merupakan bagian yang sangat penting untuk memahami penggunaan Microsoft Word 2007 secara benar. Untuk lebih memudahkan memahami penggunaan perintah-perintah menu dan teknik pengoperasian Microsoft Word 2007, seorang pemulasangat perlu mengenal bagian-bagian dari elemen layar Microsoft Word.
Ketika kita membuka Microsoft Word 2007 pertama kalinya, maka layar monitor akan muncul dokument kosong yang siap
digunakan untuk ukuran kertas yang standar (default). Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan bagian-bagian dari Microsoft Word 2007 di bawah ini.

1.   Microsoft Office Button
Microsoft Office Button adalah pengganti menu file pada Microsoft word versi sebelumnya. Tombol ini berisi menu New, Open, Save, Save as, Print, Close dan sebagainya.
2.   Quik Acces Toolbar
Toolbar ini keistimewaaa khusus yang terletak di bagian sudut kiri atas. Tombol-tombol perintah pada toolbar ini dapat kita tambahkan dengan tombol-tombol lain sesuai dengan kebutuhan.
3.   Tittle Bar Baris Judul
Tittle bar merupakan bar yang menampilkan nama dokument yang aktif atau yang sedang dikerjakan.
4.   Ribbon
Ribbon adalah deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok tersebut dikelompokkan sesuai fungsinya masing-masing.
5.   Tab
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian kelompok yang memuat beberapa tombol.
6.   Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi dikumpulkan disini. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan tombol.
7.   Cursor
Cursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti petunjuk.
8.    Status Bar
Menampilkan informasi dan pesan-pesan yang terletak pada bagian bawah jendela Microsoft Word seperti posisi keaktifan insertion point (posisi editing naskah), keaktifan beberapa tombol kkeyboard, language (ejaan bahasa) yang digunakan dan lain-lain.
9.    Ruler
Bagian dari tampilan layar Microsoft Word yang digunakan untuk menunjuk pada ukuran.
10. View Mode
View mode digunakan untuk mengatur tampilan yang terdiri dari printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.
11. Zoom Slider
Tombol ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil lembar kerja.
12. Scroll Bar
Berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah (Scroll Bar vertikal) dan kek iri atau ke kanan (Scroll Bar Horizontal)
13. Text Area
Text Area adalah media ketik yang sudah dibatasi oleh batas atas, batas bawah, batas kiri dan batas kanan. Tidak seperti halnya pengetikan manual, kita tidak perlu khawatir pengetikan akan keluar dari batas margin, semua sudah diatur sedemikian rupa sehingga ketikan akan diatur otomatis dan tetap dalam lingkup halaman tersebut.

Membuat Dokument Baru pada Microsoft Word 2007


Membuat Dokument Baru pada Microsoft Word 2007
Setiap kali kita masuk program Microsoft Word 2007, secara otomatis kita akan masuk pada tampilan New Dokument. Tetapi jika kita telah menyelesaikan sebuah pekerjaan dan ingin mengerjakan pekerjaan yang lainnya maka kita harus menyediakan sebuah lembar kerja yang baru. Untuk itu kita tidak perlu lagi keluar dari Microsoft Word dan memanggil program itu kembali. Namun kita dapat membuat dokumen baru melalui Office Button. Langkah-langkahnya sebagai berikut
1.   Pastikan layar monitor berada pada posisi Microsoft Word
2.  Klik tombol Office utton),
sehingga akan muncul menu-menu dan ikon pada tombol tersebut, kemudian pilih ikon New sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Selain itu kalian dapat menekan Ctrl + N untuk membuat dokumen baru.

3.  Pilih Blank Document, kemudian klik tombol Create, sehingga akan muncul lembar kerja baru dari Microsoft Word

Menyimpan Dokumen Baru pada Microsoft word 2007


Menyimpan Dokumen Baru pada Microsoft word 2007
Setelah kita melakukan pekerjaan atau selesai melakukan pengetikan di Microsoft Word 2007, langkah selanjutnya adalah menyimpan dokumen tersebut. Tujuannya adalah agar dokumen tersebut suatu saat dapat dibuka kembali dan dilakukan pengeditan isi dari dokumen itu. Langkah-langkah untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut.
1.  Klik office Button, lalu pilih Save As kemudian pilih dan klik Word Document


2.  Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As

3.  Pilih lokasi penyimpanan pada kotak pilihan folder (bagian atas)
4.  Ketik nama file pada kotak file name.
5.  Klik tombol Save.
Secara default Microsoft Word 2007 akan menyimpan dokumen dengan tipe format Word
Document (.docx). Kalian juga dapat memilih format lain, seperti .doc, .html, .rtf, dan
yang lainnya pada bagian Save as type.

Membuka Dokumen yang Telah Tersimpan di Microsoft Word 2007


Membuka Dokumen yang Telah Tersimpan di Microsoft Word 2007
Dokumen disimpan dalam wujud file ke dalam media simpan seperti disket, harddisk, flashdisk, bahkan mungkin dalam CD. Kelebihan penyimpanan bentuk digital adalah kita dapat menedit ulang yang bersifat menambah, mengurangi atau mengganti kata dokumen yang ada, mencetak dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah. Untuk itu naskah yang hendak diedit untuk perlu buka kembali dari media simpan dengan langkah sebagai berikut.
1.  Buka Microsoft Word 2007.

2.  Klik Office Button, lalu pilih dan klik Open, maka akan muncul kotak dialog Open.

3.  Pilih nama file yang akan dibuka, kemudian klik Open.

Mengatur Perataan Paragraf di Microsoft Word 2007


Mengatur Perataan Paragraf di Microsoft Word 2007
Pada kondisi standar, perataan (alignment) paragraf pada Microsoft Word 2007 adalah rata kiri. Namun, kita dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya membuat tulisan rata kiri-kanan (justify). Untuk mengubahnya ikutilah langkah-langkah berikut.
1.  Seleksi (blok) teks yang akan diatur paragrafnya.



2.  Klik tombol Justify (Ctrl + J) untuk membuat perataan rata kanan-kiri.


3.  Klik tombol center (Ctrl + E) untuk membuat perataan rata tengah.


4. Klik tombol Align Text Right (Ctrl + R) untuk membuat perataan rata kanan.


5.  Klik tombol Align Text Left (Ctrl + L) untuk membuat perataan rata kiri.

Menyisipkan Simbol pada Microsoft Word 2007


Menyisipkan Simbol pada Microsoft Word 2007
Dalam pengetikan naskah sering kita jumpai penggunaan simbol yang tidak terdapat dalam tuts keyboard. Untuk itu kita harus menggunakan simbol yang ada dalam Microsoft Word 2007. Adapun langkah untuk menentukan simbol yaitu sebagai berikut.
1.  Letakkan kursor pada tempat yang akan disisipkan simbol.
2.  Pilih dan klik tab Insert.
3.  Pilih dan tombol pada grup Symbol.

4.  Pilih dan klik More Symbols.

5.  Pilih jenis font, lihat gambar berikut.

6.  Klik salah satu simbol yang kamu inginkan.
7.  Klik insert untuk menambah simbol pada dokumen.

8.  Klik Close untuk menutup kotak dialog.

Menggunakan WordArt pada Microsoft Word 2007


Menggunakan WordArt pada Microsoft Word 2007

Selain gambar yang tersedia kita juga dapat menjadikan teks menjadi lebih artistik. Fasilitas ini masih memiliki kesamaan dengan versi sebelumnya. Namun kita dapat menghiasinya menjadi dalam bentuk 3 dimensi dan bayangan yang lebih beragam. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.
1.  Pilih dan klik Ribbon Insert
2.  Pilih dan klik WordArt pada grup Text
3.  Pilih jenis WordArt yang kamu inginkan.

4.  Ketikkan teks yang kamu inginkan.

5.  Klik Ok. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.


6.  Klik salah satu simbol yang kamu inginkan.
7.  Klik insert untuk menambah simbol pada dokumen.

8.  Klik Close untuk menutup kotak dialog.